Resep Gurame Saus Tiram

Hai Bunda... ketemu lagi nih sama ChefAra. Mungkin sekarang bunda sedang galau, punya ikan gurami tapi bingung mau di masak apa? jadi tanya google dan mampir ke ChefAra deh. Hhehe, sok tau banget. Dan untuk menjawab kegalauan bunda berikut ini ChefAra kasih referensi masakan dari ikan gurami yang bunda miliki. Apa itu? Kali ini ChefAra akan memaparkan Cara Membuat Gurami Saus Tiram.

Ikan gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Ditambah lagi kandungan gizi yang ada pada Ikan Gurami ini sangat banyak, diantaranya Protein, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, dan banyak lagi. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan salah satunya Gurami Saus Tiram ini.




Pasti bunda udah gak sabar kan pengen beraksi di dapur? Yuk kita simak Resepnya :

Gurami Saus Tiram ala ChefAra


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 ekor ikan gurame
1 buah lemon
1 sdt garam
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombai
1 tangkai bawang daun
1 buah wortel ukuran besar (potong ukuran korek / diserut)
6 sdm saus tomat
2 sdm saus pedas
1 sch saus tiram
1 sdt tepung maizena (dilarutkan dalam 1/2 gelas air putih)
1 sdm gula pasir
1 sdm margarin (untuk menumis)
air secukupnya
minyak untuk menggoreng ikan
bawang goreng

Cara Memasak:

1. siangi ikan dan cuci sampai bersih , lalu beri perasan air lemon dan garam. sisihkan diamkan sebentar sampai bumbunya meresap.
2. panaskan miyak lalu goreng ikan sampai kuning kecoklatan, setelah matang angkat dan tiriskan di atas piring yang sudah di alasi dengan tisu. 
3. tumis bawang putih, bawang merah, setelah setengah matang masukan bawang bombai. lalu masukan wortel dan beri sedikit air.
4. tambahkan saus tiram, saus tomat, saus pedas, gula dan garam.
5. terakir tuang sedikit demi sedikit larutan maizena masak sampai mendidih, matikan api. 
6. angkat ikan dan buang tisunya tata dalam piring saji, lalu siram dengan saus tiram yang sudah di masak tadi. taburi dengan bawang goreng dan daun bawang.

Gurame saus tiram siap di sajikan.

jika tidak ingin pedas, saus pedas bisa di skip ya bunda...
tapi jika di gunakan pun rasanya tidak terlalu pedas. bahkan tidak terasa karena sudah di tambahkan dengan saus tiram, saus tomat, dan gula tadi.

Tips :

Saya hanya pakai perasan  air lemon dan garam untuk menghilangkan bau amis dari ikan gurame tersebut. dan menggunakan tisu sebagai alas setelah ikan selesai di goreng agar ikan tidak banyak mengandung minyak sehingga rasanya akan lebih renyah. menumispun menggunakan margarin, agar lebih gurih dan sehat tentunya...

jangan lupa bunda, pilihlah ikan yang segar, agar tidak menimbulkan bau saat di goreng. dan juga baik bagi kesehatan. karena ikan yang segar, yang baru di potong lebih enak dan gurih dibandingkan ikan yang sudah di simpan dalam lemari pendingin.

Oke Bunda, itu dia cara Memasak Ikan Gurame Saus Tiram ala ChefAra, semoga bisa mengobati kegalauan bunda. Terimakasih dan Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

Adbox