Resep Bolu Kukus Sederhana Lembut & Enak

Kue Bolu atau Cake adalah makanan manis yang selalu menjadi Favorit terutama untuk sajian saat hari-hari spesial, membuatnyapun cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan. Tetapi walaupun terlihat mudah untuk membuatnya sering kali banyak yang gagal untuk menghasilkan Cake yang mengembang sempurna dan menjadi bantat. Hal ini yang terkadang menipiskan semangat untuk membuat kue sendiri.

Tapi tenang bunda. Pada artikel ini selain tutorial membuat Bolu Kukus juga ChefAra akan memberikan sedikit tips agar Bolu yang di buat mengembang sempurna dan tidak bantat.



Keberhasilan membuat kue dipengaruhi oleh cara dan waktu pengocokan/mix telur dan gula. telur yang di kocok sampai mengembang kaku itu akan menghasilkan kue yang mengembang sempurna. Sebab lain Bolu menjadi bantat adalah bolu akan bantat jika adonan yang sudah siap dimasak terlalu lama didiamkan, oleh karena itu adonan mengendap dan memadat sehingga panas tidak akan merata pada saat di masak dan menghasilkan bolu yang bantat. Untuk menghindari hal ini yang bisa kita lakukan adalah sembari menyiapkan alat dan bahan bahan terlebih dahulu kita memanaskan kukusan/oven, jadi saat bolu sudah di mix langsung di masukan ke dalam kukusan/oven yang kondisinya sudah benar-benar panas.

nah untuk membuat bolu yang simple dan enak juga mengembang dengan sempura, yuuk bunda simak cara membuat bolu nya....

Resep Bolu Kukus Simple Lembut & Enak


Bahan :


3 butir telur
12 sdm gula pasir
1 sdt sp (saya pakai yang emulsifer)
9 sdm tepung terigu 
100 gram mentega ( dicairkan)
3 sdm minyak sayur (jika bolu di oven bisa di skip)
sedikit vanili

Cara :


1. panaskan kukusan, masukan mentega ke dalam kukusan menggunakan wadah ( proses untuk mencairkan mentega. setelah cair, keluarkan dari kukusan dan biarkan kukusan tetap panas dengan api menyala.
2. sambil menunggu kukusan panas , mix telur, sp dengan kecepatan sedang, setelah tercampur, masukkan sedikit demi sedikit gula sambil di mix dengan kecepatan tinggi.
3. setelah adonan mengembang dan kaku kira kira 10 menit, off kan mixer.
4. tuangkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur yang sudah mengembang sambil di aduk menggunakan spatula. umtuk menghasilkan cake seperti sponge bisa juga di mix dengan kecepatan rendah.
5. setelah itu tuangkan menega dan minyak sayur aduk sampai benar benar tercampur rata.
setelah tercampur, tuang adonan ke dalam loyang ukuran 15 cm kukus selama 30 menit
6. setelah 30 menit, tes kematangan bolu menggunakan tusukan/ lidi. bila adonan tidak menempel di tusukan / lidi, menandakan cake  sudah matang dan bisa langsung di angkat dan sajikan.

untuk menyajikan cake, diusahakan agar cake benar benar sudah dingin, agar saat melepaskan cake tidak menempel di loyang.

No comments:

Post a Comment

Adbox